Tips Memperkuat Daya Ingat

Anda lelah dengan rutinitas yang membuat aotak serta pikiran anda cepat drop? mungkin itu akbat dari kebiasaan anda, sehari - hari yang brimbas pada daya ingat anda sehingga daya ingat anda buruk. berikut adalah tips agar daya ingat anda tetap baik.
 1. Jaga Pikiran Anda Tetap Aktif:
Lakukan kegiatan-kegiatan yang menggunakan kemampuan otak, ini sngat membantu daya ingat Anda menjadi yang terbaik. Beberapa kegiatan meliputi mengisi teka-teki silang, bermain catur, menghafal, dan mengikuti berita perkembangan politik, sangat bagus untuk melatih daya ingat dan mempertajam kemampuan otak.

2.Pastikan Anda Cukup Tidur:
Selain tidur malam yang cukup, tidur siang atau sekedar merebahkan diri di siang hari sangat membantu otak kembali fresh. Biasakan tidur siang atau sekedar merebahkan diri 20 menit cukup. Kurang tidur bisa menyebabkan beberapa masalah, seperti: kemampuan otak menurun, mudah tersinggung, marah-marah tanpa sebab yang jelas, sulit mengontrol nafsu makan dan lain sebagainya.

3. Selalu rileks dan santai:
Stress, cemas, gelisah, marah dan semua perasaan negatif mejadikan seseorang lebih pelupa.

 4. Perhatikan apa yang Anda makan:
Anda perlu konsumsi makanan yang di butuhkan otak, agar berfungsi lebih baik. Makanan ini sangat baik untuk daya ingat dan otak anda: Ikan, Pisang, Roti Gandum, Buncis dan kacang-kacangan lainnya, Hati, Buah Beri, Telur, Cokelat, Daging Ayam, Brokoli, Alpukat, Bayam, Minyak Rapeseed, Makanan Laut. Selain itu, buah-buahan dan syur-sayuran juga sangat baik untuk otak.

5. Jaga kesehatan:
Rajinlah berolahraga. Olahraga sangat baik untuk fisik dan otak kita. Plak yang menumpuk di sel darah kita menyebabkan aliran nutrisi ke otak menjadi terhambat dan dengan berolahraga bisa mengurangi plak tersebut sehingga otak kita tetap sehat. Alangkah baiknya mencegah sebelum terjadi. Kolesterol tinggi, darah tinggi dan penyakit lainnya berdampak negatif terhadap daya ingat Anda.

 6.Bersosialisasi:
Gunakan apa yang Anda ingat dan yang Anda pelajari untuk bersosialisasi. Sesuatu yang kita ingat bisa hilang begitu saja karena tidak ada usaha atau tindakan yang mempertahankan memori kita. Dengan bersosialisasi terwujud saling membutuhkan antara diri Anda dengan masyarakat, sehingga secara tidak langsung Anda semacam keharusan untuk tetap ingat.

 7. Kenali tanda-tAnda Depresi Anda:
Orang dewasa yang mengalami depresi beresiko untuk menjadi bingung dan pelupa. Jika Anda pikir Anda bisa menjadi depresi, carilah bantuan profesional sesegera mungkin.

8. Hindari cedera yang dapat mengakibatkan hilangnya daya ingat:
Jaga keselamatan Anda, biasakan pakai helm ketika bersepeda, mengenakan sabuk pengaman saat mengendarai mobil, pilih tempat yang lebih aman saat menggunakan angkutan umum, misalnya di tengah, teliti lingkungan dan rumah kalau ada tempat yang beresiko membuat Anda jatuh, dan lain sebagainya.

 9. Jauhi alkohol:
Bila digunakan secara berlebihan, alkohol dapat mengakibatkan hilangnya ingatan bahkan sangat tidak baik untuk kesehatan.

10. Mengajar:
Mengajari orang lain tentang sesuatu hal yang sudah kita ketahui juga bisa meningkatkan daya ingat otak kita karena secara tidak langsung kita juga mengulangi hal tersebut, bahkan bisa hafal di luar kepala.

 11. Hobi dan kegiatan yang mengasah otak:
Gunakan waktu luang untuk mengisi teka-teki silang, main catur, game yang memerlukan pemikiran dan srategi,bisa Anda gunakan untuk meningkatkan daya ingat. Saat Anda selesai membaca bukun atau artikel majalah, buatlah ringkasan, setidak-tidaknya ceritakan apa yang habis Anda baca kepada orang dekat Anda. Semakin sering Anda melatih otak, semakin kuat juga kinerja otak Anda.


Untuk memepertahankan bahkan meningkatkan daya ingat, memang harus menjaga gaya hidup, bahkan jika hal-hal di atas sebagian belum Anda lakukan, bersiaplah untuk merubah gaya hidup. Terkadang sulit, namun hasilnya setimpal.

0 komentar:

Posting Komentar